Kurikulum merupakan acuan dalam pelaksanaan kegiatan akademik program studi, hal ini dikarenakan didalamnya terdapat seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum program studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Metro di susun dalam rangka pencapaian profil lulusan yang telah ditetapkan. Profil lulusan sendiri disusun sedemikian rupa berdasarkan visi, misi, tujuan dan sasaran (VTMS) dengan melibatkan pihak-pihak terkait.  Selanjutnya profil lulusan di breakdown menjadi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan memperhatikan rambu-rambu KKNI berdasarkan Perpres nomor 8 tahun 2012, SNPT berdasarkan Permenristekdikti nomor 44 Tahun 2017, dan SPG berdasarkan Permenristekdikti nomor 55 tahun 2017. Draft kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Metro setidaknya memuat visi, misi, tujuan dan sasaran (VTMS), profil lulusan, CPL, CPMK, mata kuliah, bobot mata kuliah, RPS, dan evaluasinya.

STRUKTUR KURIKULUM JURUSAN / PROGRAM STUDI PAI

[supsystic-tables id=9]

SEBARAN MATA KULIAH

[supsystic-tables id=10]

[supsystic-tables id=11]

[supsystic-tables id=12]

[supsystic-tables id=13]
Keterangan :
 

Setiap Mata Kuliah diberi kode mata kuliah yang terdiri dari 4 kode huruf pertama nama penyelenggara dan 5 angka berikutnya terdiri dari dua angka pertama menunjukan tahun pembuatan kurikulum. Angka ketiga menunjukkan kelompok mata kuliah wajib/pilihan; angka 1 menunjukan mata kuliah wajib dan angka 2 menunjukkan mata kuliah pilihan. Angka ke empat dan kelima menunjukan nomor urut mata kuliah.

Contoh:

IAIN.18.1.01 – IAIN.18.1.10

FTIK.18.1.11 – FTIK.18.1.20

PPAI.18.1.21 – PPAI.18.1.56

PPAI.18.2.57 – PPAI.18.2.62

Berdasarkan level 6 KKNI dengan mempertimbangkan profil lulusan, maka program studi PAI IAIN Metro mengelompokkan kompetensi yang harus dikuasasi lulusan menjadi 3 ranah yaitu: kompetensi utama lulusan, kompetensi pendukung lulusan, dan kompetensi lainnya Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut:

Kompetensi utama lulusan

Mengacu pada profil lulusan, KKNI, SNPT, dan SPG, kompetensi utama lulusan program studi PAI IAIN Metro adalah:

  • Menguasai materi PAI
  • Menguasai evaluasi pem­belajaran PAI
  • Menguasai media pembe­lajaran PAI
  • Menguasai model dan metode pembelajaran PAI
  • Menguasai metodologi pe­nelitian di bidang PAI
  • Menguasai administrasi pendidikan
  • Menguasai teori-teori pendidikan dan pembelajaran
  • Memahami dirinya secara utuh sebagai guru dan pendidik.

Kompetensi pendukung lulusan

 Mengacu pada profil lulusan, KKNI, SNPT, dan SPG, kompetensi pendukung lulusan program studi PAI IAIN Metro adalah:

  • Menguasai psikologi pendidikan Islam
  • Menguasai TIK pembelajaran
  • Menguasai bahasa Arab dan Inggris secara aktif dan pasif
  • Memiliki pengetahuan dan kepedulian tentang persoalan-persoalan lingkungan kemasyarakatan dan kenegaraan
  • Memiliki keterampilan menganalisis, memecahkan masalah dan bekerjasama dalam wilayah materi PAI
  • materi PAI
  • Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai Pendidik dan pendidik.

 

  • Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perPendidikan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

  • Pengetahuan
  1. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
  2. Memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan;
  3. Menguasai teori belajar dan pembelajaran;
  4. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  5. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian;
  6. Memahami perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan lembaga pendidikan Islam berbasis techno-preneurship

 

  • Keterampilan khusus
  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
  2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya;
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  4. Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan pembelajaran;
  6. Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;
  7. Kreatif dalam mengembangkan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan.
  8. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman;
  9. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas;
  10. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
  11. Mampu menyajikan alternatif solusi dan memecahkan masalah terkait metode dan strategi pembelajaran yang kreatif;
  12. Mampu mengimplementasikan keilmuan pendidikan agama Islam dalam lingkup kehidupan sehari-hari sesuai kebutuhan masyarakat.

 

Sistem pembimbingan akademik mahasiswa program studi PAI FTIK IAIN Metro didasarkan pada Keputusan Dekan Nomor 51 Tahun 2016 yang dijelaskan bahwa pembimbingan akademik dilakukan oleh penasehat akademik (PA) yang diusulkan oleh ketua program studi PAI dan ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Dekan FTIK dan akan diperbaharui setiap tahun seiring masuknya mahasiswa baru. PA memiliki tugas memberikan bimbingan akademik bagi mahasiswa selama menjalani masa studinya dalam rangka memaksimalkan masa studinya. PA memiliki kewajiban memberikan bimbingan akademik kepda mahasiswa minimal tiga kali dalam satu semester yaitu pada saat proses penyusunan KRS dan memberikan persetujuan atas KRS, pada saat pertengahan perkuliahan untuk mendeteksi kesulitan belajar mahasiswa, dan pada saat akhir perkuliahan untuk mengoreksi rekapitulasi hasil belajar mahasiswa dan persiapan menentukan sks selanjutnya.

>>>>>>>Pedoman Pebimbing Akademik  <<<<<<<<

Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa dalam Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum terjadi dalam beberapa kegiatan, antara lain:

  1. Kolaborasi riset
  2. Proses pembelajaran,
  3. Bimbingan akademik oleh penasehat akademik
  4. Pembimbingan skripsi
  5. Diskusi dan seminar ilmiah
  6. Workshop, pelatihan
  7. Seminar proposal
  8. Diskusi nonformal
  9. Bimbingan karir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enable Google Transliteration.(To type in English, press Ctrl+g)